Tagline : Petani, Membuka Mimpi Membangun Negri?


Mungkin teman teman sekalian sudah jelas tahu bahwa Pertanian adalah sektor penting di Indonesia. Seperti yang pernah disampaikan Mantan Presiden Kita Ir. Sukarno bahwa "Jika kita tidak punya perhatian besar pada sektor makanan, maka secara radikal dan revolusioner, kita akan mengalami malapetaka!". Jelas sudah kalau sektor makanan adalah penopang utama untuk membangun negri.


Kondisi Sekarang
Saat ini, pertanian di Indonesia terbelenggu oleh "sistem" yang mengikat. Lihat saja komentar para pengamat dalam Diskusi "Politik Pertanian dan Pertanahan Upaya Mempertahankan Hak Atas Tanah sebagai Sumber Kehidupan Petani Pesisir Kulon Progo". Sudah dipaparkan dengan jelas bahwa pertanian sekarang sangat dimanjakan dengan subsidi pupuk serta subsidi lainnya oleh pemerintah. Namun belum pernah diajarkan untuk mengelola pupuk sendiri. Belum lagi permasalahan benih. Petani harus diberikan pemaparan agar nantinya bisa inovatif untuk Indonesia kedepan!

Di lain sisi, seperti yang teman teman bisa tahu, Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam. Coba sebutkan negara mana lagi yang punya lautan luas, yang daratannya dilalui garis khatulistiwa. Yang tanahnya subur merata! Jikapun ada, Indonesia jelas lebih menonjol.

Namun saat ini, kita harus menyadari fakta bahwa ternyata kita masih harus mengimpor bahan pangan senilai Rp 50 Triliun (analisadaily.com)

Ayo berbenah!
Sebagai bangsa yang baik, tak cukup rasanya bila hanya berdiam diri. Kita masih punya mimpi karena ladang kita masih subur nan luas. Tak hanya bagi pemerintah, kita golongan pelajarpun harus ambil bagian!

Untuk pelajar, ayo kita gali ilmu yang dalam dan jadikan pertanian indonesia bangkit kembali. Karena sektor pertanian masih dan pasti mampu "Membuka Mimpi Membangun Negri". Untuk itu, IPB sebagai Institut pertanian terbesar di Indonesia adalah pilihan utama untuk membuka mimpi negri ini!

Apa yang Terjadi Nanti?
Kita juga harus optimis sebagai bangsa yang ingin maju. Bukan hanya omong belaka. Berdasarkan hasil kajian ilmiah, Chairul Tanjung melalui bukunya, "Si Anak Singkong" sudah memprediksi mengenai ekonomi masa depan Indonesia. Prediksinya dinamakan Visi Indonesia 2030. Dimana dalam 17 tahun kedepan, Indonesia dipaparkan mampu menjadi salah satu dari 5 kekuatan ekonomi dunia dengan pendapatan perkapita USD 18.000 per tahun!

Hal ini sangat mungkin karena Indonesia sebagai negara agraris, yang didominasi oleh sektor Pertanian masih bisa berbenah untuk membalikkan keadaan.


Petani, Membuka Mimpi Membangun Negri
Nah, maka dari itulah saya memilih tagline diatas. Dalam mewujudkan Visi Indonesia 2030, pastinya Pertanian menjadi tonggak besar nantinya. Dengan tahan pertanian seluas 8,061 juta hektar (atau 80,61 milyar meter persegi!) diseluruh tanah air, pastinya kita bisa memenuhi pangan dalam negri bahkan diekspor ke penjuru dunia bila tata kelola dan sistem yang ada bisa pro petani.

Tanah nan subur berukuran miliyaran meter persegi ini membuka mimpi kita semua untuk membangun Indonesia Yang lebih baik.

Sekali lagi ayo katakan, Petani, Membuka Mimpi, Membangun Negri!!


1 comment:

  1. Keren banget nih gan postingannya... mampir dan komen juga ya di www.1permataindonesia.blogspot.com

    ReplyDelete

Live Support

`